Minggu, 18 Desember 2016

Asam Lambung

Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan asam lambung yang cukup tinggi? Penyebab asam lambung wajib anda ketahui agar tidak terjadi secara kronis. Faktanya, semua orang pasti pernah mengalami masalah asam lambung. Namun tingkat asam lambung yang menyebabkan kondisi sakit dan kurang nyaman bisa berada pada tahap yang berbeda.


Diagnosa asam lambung biasanya berhubungan dengan kondisi penyakit yang menyerang pada lambung seperti maag. Namun, apakah asam lambung itu termasuk penyakit atau kondisi yang menguntungkan untuk tubuh. Berikut ini adalah berbagai hal yang perlu kita kenal dengan masalah asam lambung.

Fungsi Asam Lambung

Asam lambung memiliki fungsi yang sangat penting untuk sistem pencernaan manusia. asam lambung membantu tubuh dalam mengolah makanan.
  1. Asam lambung berperan untuk membuat produksi enzim khusus yang bekerja untuk melawan semua kuman dan bakteri yang masuk ke sistem pencernaan dari makanan dan minuman.
  2. Asam lambung juga berperan untuk membantu tubuh dalam melakukan penyerapan terhadap vitamin B12. Vitamin B12 diperlukan oleh tubuh untuk membantu sistem produksi darah merah dan menjaga sistem otak dan syaraf.

Masalah Asam Lambung

Bagian terbanyak dari asam lambung terdiri dari asam klorida. Zat ini bisa memberikan akibat yang baik dan juga buruk pada sistem tubuh manusia. Jika asam lambung terlalu tinggi atau terlalu rendah maka bisa menyebabkan kondisi atau penyakit khusus.

Ketidakseimbangan asam lambung dalam tubuh akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal inilah yang sering disebut dengan penyakit asam lambung. Berikut ini adalah berbagai hal yang menyebabkan masalah asam lambung.

Gejala Gangguan Asam Lambung

Orang yang mengalami masalah asam lambung mungkin akan merasa kurang nyaman terutama pada bagian lambung. Beberapa orang merasa nyeri, perih dan sakit pada bagian lambung. Namun semua jenis keluhan ini biasanya diawal dengan gejala khusus. Berikut ini beberapa gejala asam lambung yang sering terjadi.

  • Rasa tidak nyaman pada bagian perut seperti nyeri, kembung dan panas.
  • Sering mengeluarkan gas lewat sendawa.
  • Gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, mual dan muntah.
  • Nafsu makan yang turun karena perut selalu merasa kenyang.
  • Perut terasa lapar tapi tidak nyaman bila makan.
  • Tubuh terasa lemah dan mudah terserang penyakit.
 Asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti rasa asam yang berlebihan pada rongga mulut, pendarahan gigi yang bermasalah, bau mulut, rasa nyeri di daerah dada, dan lain lain. Oleh sebab itu, sangat penting mengatasi gangguan lambung dengan mengkonsumsi obat lambung yang tepat.

 
OBAT LAMBUNG

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar