Selasa, 20 Desember 2016

Komplikasi Asam Lambung


OBAT LAMBUNG

Penyakit asam lambung atau GERD yang berlangsung dalam kurun waktu lama, jika tidak ditangani, penyakit ini juga bisa menyebabkan komplikasi.
Ada berbagai komplikasi yang mungkin dialami oleh pengidap penyakit lambung. Tingkat komplikasi akibat penyakit ini juga beragam, dari ringan hingga parah.
Sebagian besar komplikasi dari penyakit asam lambung adalah peradangan atau inflamasi pada dinding esofagus atau kerongkongan. Komplikasi ini kemudian akan memicu kondisi lain, seperti tukak lambung.
Penyakit asam lambung juga bisa memperparah gejala penyakit lain, khususnya asma. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai komplikasi-komplikasi tersebut.
  • Asma. Gejala asma  akan memburuk karena saluran udara bisa terganggu oleh asam lambung. Obat-obatan asma juga memperparah gejala GERD.
  • Penyempitan saluran esofagus. Yaitu kerusakan pada dinding bagian bawah dari esofagus karena teriritasi asam lambung terus menerus. Setelah teriritasi terus-menerus, esofagus membentuk jaringan luka yang akibatnya menyempitkan saluran untuk lewatnya makanan.
  • Luka pada dinding esofagus atau tukak esofagus. Asam lambung bisa mengikis dinding esofagus dengan sangat parah, ini yang menyebabkan luka atau tukak terbentuk. Tukak esofagus bisa berdarah dan menyebabkan munculnya rasa sakit dan kesulitan saat menelan.
  • Esofagus Barrett. Perubahan sel-sel pada dinding esofagus bisa terjadi setelah teriritasi asam lambung berulang kali. Kondisi ini disebut Esofagus Barrett dan bisa dianggap sebagai kondisi prakanker. Perubahan sel yang terjadi belum memiliki sifat-sifat kanker. Tapi di kemudian hari, sel-sel ini bisa memicu munculnya sel kanker walau terhitung jarang.
  • Kanker esofagus. Selain akibat GERD yang berkelanjutan, terdapat beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko munculnya kanker esofagus. Risiko akan meningkat jika penderita adalah seorang pria, perokok dan peminum alkohol, mengalami  obesitas atau kegemukan. Gejala paling umum dari kanker esofagus adalah kesulitan dan rasa sakit saat menelan serta penurunan berat badan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar