Senin, 21 November 2016

Lambung

Bagian-bagian Lambung

1) Esofagus
2) Kardia
3) Fundus
4) Selaput lendir
5) Otot lapisan
6) Lambung mukosa
7) Tubuh perut
8) Pilorik antrum
9) Pilorus
10) Usus dua belas jari (duodenum)

Lambung (bahasa Inggris : stomach; bahasa Belanda: maag) atau ventrikulus berupa suatu kantong yang terletak di bawah sekat rongga badan.
Fungsi lambung secara umum adalah tempat di mana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan diserap. Lambung dapat dibagi menjadi tiga daerah, yaitu daerah
  1. Kardia.
  2. Fundus.
  3. Pilorus.
1. Kardia adalah bagian atas, daerah pintu masuk makanan dari kerongkongan itu sendiri .
2. Fundus adalah bagian tengah, bentuknya membulat.
3. Pilorus adalah bagian bawah, daerah yang berhubungan dengan usus 12 jari atau sering disebut duodenum.
Dinding lambung tersusun menjadi empat lapisan, yakni :
  1. Mucosa.
  2. Submucosa.
  3. Muscularis.
  4. Serosa.
1. Mucosa ialah lapisan di mana sel-sel mengeluarkan berbagai jenis cairan, seperti enzim, asam lambung, dan hormon. Lapisan ini berbentuk seperti palung untuk memperbesar perbandingan antara luas dan volume sehingga memperbanyak volume getah lambung yang dapat dikeluarkan.

2. Submucosa ialah lapisan di mana pembuluh darah arteri  dan vena  dapat ditemukan untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel perut sekaligus untuk membawa nutrisi yang diserap, urea, dan karbon dioksida  dari sel-sel tersebut.

3. Muscularis adalah lapisan otot yang membantu perut dalam pencernaan mekanis. Lapisan ini dibagi menjadi 3 lapisan otot, yakni otot melingkar, memanjang, dan menyerong. Kontraksi dan ketiga macam lapisan otot tersebut mengakibatkan

4. gerak peristaltik (gerak menggelombang). Gerak peristaltik menyebabkan makanan di dalam lambung diaduk-aduk. Lapisan terluar yaitu serosa berfungsi sebagai lapisan pelindung perut. Sel-sel di lapisan ini mengeluarkan sejenis cairan untuk mengurangi gaya gesekan yang terjadi antara perut dengan anggota tubuh lainnya.

Sebagian besar penyakit disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan, seperti lambung, empedu, liver, usus halus, usus buntu, usus besar. Contoh gangguan lambung adalah asam lambung yang tinggi yang menyebabkan asam lambung tumpah ke kerongkongan sampai faring yang disebut GERD (Gastro Esofagel Reflux Disease).  Pasien yang mengalami GERD, seringkali mengalami rasa sakit di uluhati, dada dan sering disalahpahami sebagai penyakit jantung. Penyakit asam lambung mempunyai banyak komplikasi seperti peningkatan keasaman darah (pH darah rendah) dimana tingkat keasaman dalam darah menjadi tinggi sehingga sering menimbulkan rasa sakit di seluruh badan, pinggang, punggung, tangan dan tungkai. Hal ini karena senyawa asam telah terdistribusi ke dalam otot sehingga timbul rasa nyeri atau sakit atau ngilu. Dalam keadaan ini, pasien harus pantang makanan dan buah atau obat yang bersifat asam agar tingkat keasaman darah tidak semakin tinggi yang pada ujungnya dapat meningkatkan rasa sakit. Konsumsilah air putih yang banyak agar banyak buang air kecil untuk membuang asam asam dalam darah.

Penyakit asam lambung banyak menimbulkan komplikasi oleh sebab itu konsumsilah obat asam lambung atau obat lambung yang tepat. Flower Harmonizer-12 merupakan obat lambung-obat asam lambung yang terbuat dari bahan alam yaitu bunga-bunga yang bewarna kuning dimana warna kuning mempunyai energi untuk menetralisir gangguan sistem pencernaan.

Obat Lambung-Obat Asam lambung ini terdiri dari 100 tablet dengan dosis 2x1 tablet per hari pada minggu pertama kemudian selanjutnya, 3x1 tablet per hari, sebelum atau sesudah makan dan boleh dibarengi dengan minum susu dan lain-lain.

Obat Lambung-obat asam lambung ini bekerja secara langsung ke organ sistem pencernaan, lambung, liver, dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar