Selasa, 22 November 2016

Sel-sel dan Enzim Lambung

Sel-sel Mukosa Lambung

Di lapisan mucosa terdapat 3 jenis sel yang berfungsi dalam pencernaan, yaitu :
  1. Sel goblet (goblet cell).
  2. Sel parietal (parietal cell).
  3. Sel chief (chief cell).
1. Sel goblet berfungsi untuk memproduksi mucus atau lendir untuk menjaga lapisan terluar sel agar tidak rusak karena enzim pepsin dan asam lambung.
2. Sel parietal berfungsi untuk memproduksi asam lambung [Hydrochloric acid] yang berguna dalam pengaktifan enzim pepsin. Diperkirakan bahwa sel parietal memproduksi 1.5 mol dm−3 asam lambung yang membuat tingkat keasaman dalam lambung mencapai pH 2.
3. Sel chief berfungsi untuk memproduksi pepsinogen, yaitu enzim pepsin dalam bentuk tidak aktif. Sel chief memproduksi dalam bentuk tidak aktif agar enzim tersebut tidak mencerna protein yang dimiliki oleh sel tersebut yang dapat menyebabkan kematian pada sel tersebut.
Di bagian dinding lambung sebelah dalam terdapat kelenjar-kelenjar yang menghasilkan getah lambung. Aroma, bentuk, warna, dan selera terhadap makanan secara refleks akan menimbulkan sekresi getah lambung. Getah lambung mengandung asam lambung (HCI), pepsin, musin, dan renin. Asam lambung berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin.
  • Pepsin merupakan enzim yang dapat mengubah protein menjadi molekul yang lebih kecil.
  • Musin merupakan mukosa protein yang melicinkan makanan.
  • Renin merupakan enzim khusus yang hanya terdapat pada mamalia, berperan sebagai kaseinogen menjadi kasein. Kasein digumpalkan oleh Ca2+ dari susu sehingga dapat dicerna oleh pepsin. Tanpa adanya renim susu yang berwujud cair akan lewat begitu saja di dalam lambuing dan usus tanpa sempat dicerna.
  • HCl(Asam klorida) merupakan enzim yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri pada makanan.
Kerja enzim dan pelumatan oleh otot lambung mengubah makanan menjadi lembut seperti bubur, disebut chyme (kim) atau bubur makanan. Otot lambung bagian pilorus mengatur pengeluaran kim sedikit demi sedikit dalam duodenum. Caranya, otot pilorus yang mengarah ke lambung akan relaksasi (mengendur) jika tersentuk kim yang bersifat asam.
Sebaliknya, otot pilorus yang mengarah ke duodenum akan berkontraksi (mengerut) jika tersentuh kim. Jadi, misalnya kim yang bersifat asam tiba di pilorus depan, maka pilorus akan membuka, sehingga makanan lewat. Oleh karena makanan asam mengenai pilorus belakang, pilorus menutup. Makanan tersebut dicerna sehingga keasamanya menurun.
Makanan yang bersifat basa di belakang pilorus akan merangsang pilorus untuk membuka. Akibatnya, makanan yang asam dari lambung masuk ke duodenum. Demikian seterusnya. Jadi, makanan melewati pilorus menuju duodenum segumpal demi segumpal agar makanan tersebut dapat tercerna efektif. Setelah 2 sampai 5 jam, lambung kosong kembali.


Sebagian besar penyakit disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan, seperti lambung, empedu, liver, usus halus, usus buntu, usus besar. Contoh gangguan lambung adalah asam lambung yang tinggi yang menyebabkan asam lambung tumpah ke kerongkongan sampai faring yang disebut GERD (Gastro Esofagel Reflux Disease).  Pasien yang mengalami GERD, seringkali mengalami rasa sakit di uluhati, dada dan sering disalahpahami sebagai penyakit jantung. Penyakit asam lambung mempunyai banyak komplikasi seperti peningkatan keasaman darah (pH darah rendah) dimana tingkat keasaman dalam darah menjadi tinggi sehingga sering menimbulkan rasa sakit di seluruh badan, pinggang, punggung, tangan dan tungkai. Hal ini karena senyawa asam telah terdistribusi ke dalam otot sehingga timbul rasa nyeri atau sakit atau ngilu. Dalam keadaan ini, pasien harus pantang makanan dan buah atau obat yang bersifat asam agar tingkat keasaman darah tidak semakin tinggi yang pada ujungnya dapat meningkatkan rasa sakit. Konsumsilah air putih yang banyak agar banyak buang air kecil untuk membuang asam asam dalam darah.

Penyakit asam lambung banyak menimbulkan komplikasi oleh sebab itu konsumsilah obat asam lambung atau obat lambung yang tepat. Flower Harmonizer-12 merupakan obat lambung-obat asam lambung yang terbuat dari bahan alam yaitu bunga-bunga yang bewarna kuning dimana warna kuning mempunyai energi untuk menetralisir gangguan sistem pencernaan.

1 komentar:

  1. jadi kalau kita mau membeli obat yang di atas bagaimana menuliskan resepnya? mohon gan aku mau sembuh dari asam lambung, saya sudah 10 tahun menderita sakit...

    BalasHapus